Kamis, 17 Oktober 2013

Nih...Buat kalian yang suka ngegosipin teman

Terkadang saya berpikir, kenapa saya diberi selera humor yang tinggi. Hingga segala hal saya sampaikan dengan bermacam guyonan, meski itu memang dalam keadaan bercanda atau dalam keadaan serius. Sebenarnya bukan serius-serius amat.

Saya ambil contoh, misal ada teman saya yang galau. Mungkin contoh yang kayak cinta cinta gini kalian bakal cepet tanggap. Ada yang curhat sama saya "Kenapa sih, Gyd si blablabla gak pernah nanggapi aku?" Saya sebagai teman gak pernah bohong, mungkin sebagian teman saya kenal dengan ke-frontal-an saya. Yah dengan bawaan bercanda saya bakal jawab " Yah, kamu sadar diri lah. Tampang dengan tingkah sama aja. Selera Dia tu kayak aku gini. Haha".

Mungkin kalian gak ngerti apa yang saya maksudkan. Tapi sesungguhnya itu punya makna yang "dalam". Namun karena dibawakan dengan suasana santai dan lelucon, kemungkinan si pendengar gak bakal masukin kata-kata saya tadi ke hati, tapi ke otak. Itu kan lebih enak, jadi gak bakal kesinggung, terus si pendengar bakal mikir sendiri.

Nah, itu kalau saya ngasih pendapat ke teman sendiri. Itupun kalau beliau nanya. Kalau gak nanya? Hemm...Saya yang bakal nyindir.

Contohnya Gyd?
Contohnya berhubungan dengan cinta cinta lagi aja, biar kalian ikut berbinar binar.
Misalkan ada teman saya yang lagi cinlok dengan teman sejurusan, namanya dunia percintaan, harus terlihat sempurna. Eh.. Gak tahunya temen saya ini ternyata berhamburan hutang. Anggap aja hutang Arisan biar sexy, karena sesungguhnya cowok sekarang demen arisan. Pas dia mau ngedekatin gebetan, saya lihat si 'penagih arisan' juga lagi 'bercahaya', kek lagi terbang ngeburu mangsa, cepat.\


Terus fungsi saya sebagai teman? Yah saya langsung menjelma buat jadi manusia yang sok peduli untuk mencegat penagih tadi, untuk mengalihkan pandangannya saja, entah dengan cara apapun. Misalnya aja basa basi nanya "Mau kemana?" atau "Eh gimana tugas, selesai belum. Aku minjem oh?" bisa juga dengan langsung ke inti "Eh duit arisan kurang gegara loh korupsi kan? Loh buat pake beli pulsa kan?, terus loh sms-an, telponan, bisa sayang sayangan. Loh gak mikirin gue yang udah ngarapin loh dari dulu. Loh jahat"


Sebenarnya sih bukan itu sih yang bisa saya lakukan buat teman teman, karena saya ngelakuinnya dalam diam, sampai saya aja gak tahu apa yang saya lakuin. Hahaiiii. Hufffttt.

Sesungguhnya saya ada untuk kalian kok, meskipun bukan dalam tindakan. Meskipun saya gak royal, tapi InsyaAllah saya loyal. Saya gak akan plih teman atau ninggalin terus cari yang baru yang lebih enak, bukan itu. Saya hanya ingin punya teman sebanyak banyaknya, intinya gak akan ngelupain yang lama. loh...loh lohh.. Yang lama? Gak ada istilah temen yang lama atau teman yang baru kok. Teman yah teman.



Aduuuuuh. Kenapa ini jadi ngawur kek gini. Kembali kembali ke masalah kenapa saya buat note terus publish di sini.


Jadi gini, entah kenapa saya ngerasa kek ada teman yang nyeritain apapun tentang saya ke seorang cewek. Saya sih gak masalah, tapi bukan semua tentang saya di sebutin semua. Saya juga seneng menjadi pendengar yang baik terus ngasih pendapat tentang seseorang di mata saya, tapi bukan tentang kejelekannya atau kebobrokannya! Sekali lagi, saya gak pernah nyeritain tentang hal yang menurut saya tidak patut diceritakan!!!


Contohnya apa, Gyd?
Biar tetap nalar. Kita buat tentang masalah cinta cinta lagi

Misalnya ada cewek naksir teman saya. Dia cerita terus dia nanya bla bla bla bla yang sepenuhnya saya tahu. Tapi saya hanya akan jawab yang menurut saya pantas diceirtakan.
misalnya, dia nanya "Gyd, Da tidur di pohon apa di kamar?" saya bakal jawab "Di kama"


tapi misal si cewek nanya yang gak patut saya jawab
misal "Gyd, Dia Shalat 5 waktu gak? Dia kalo mandi, shampo-an gak? Papanya dia mau cari istri muda gak?" Kalau pertanyaan seperti itu, saya gak akan jawab, karena itu berhubungan dengan privasi.

Namun saya juga gak akan diam, karena diam ngebuat kita terlihat berbohong dan si dia tambah penasaran. Meskipun saya tahu Dia gak pernah Shalat, bahkan niat shalat juga dia gak hapal, atau gak pernah shmapo-an karena mandi-pun cuman di malam jum'at kliwon purnama, saya bakal jawab "waduh, coba kamu tinggal di rumahnya aja sehari. Biar dapat jawaban langsung"


Yah yahh emang gak ada salahnya sih buat jujur, karena bohong itu sungguh tidak baik. Terkadang saya berpikir, saya itu  sedang berbohong atau menunda kebenaran?

Oh Iya. jangan pernah cerita pake hati yah.. Karena kalian bakalan jadi subjektif, terlalu terpengaruh suasana, gak mikir luas apa yang sebenarnya terjadi, gak mikir dari sudut pandang orang lain atau dari sudut pandang lingkungan sekitar. Karena sesungguhnya itu punya pandangan masing-masing.



Itu aja sih, cerita dengan orang tu kayaknya emang seru. Makanya Ibu komplek lebih memilih bergosip daripada ngobrol dengan suami sore hari. Namun sayangnya saya laki-laki, gak pantas buat itu.

Tapi maaf, sesungguhnya saya bukan curhat. saya dapat ide aja buat nulis kek gini. Gak ada marah marah apalagi dendam, saya aja senyum senyum nulis ini. Mungkin yah memang saya hobinya bercanda, ini jadi semacam hiburan plus lelucon. hahaha.


terus inti saya nulis ini buat apa?
Hemmmmmm. Gak ada sih, mungkin buat ngasih tahu aja kalau gak semua apa yang kita ketahui itu patut untuk diberitakan dan gak semua apa yang diberitakan itu benar. Karena selalu ada kepentingan pribadi di sana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar